My Story

Just Relax!

Sudah sejak beberapa hari ini saya mulai sering berpikir apa sih yang dicari dalam hidup ini? Uang ? Kebahagiaan? Ketenangan? Ketenaran?

Saya sejak kecil bukanlah termasuk anak yang punya cita cita tinggi. Juga tidak punya ambisi hebat. Malah saya termasuk yang cepat merasa bosan, jenuh, terutama jika sudah tercapai apa yang saya ingin kan.

Contoh nih, dulu waktu SD, saya sering juara kelas. Di SMP, saya udah males, gak mikirin lagi juara kelas. Gak menarik blas. Buat apa lagi juara 1, toh sudah pernah merasakannya. Gitu gitu aja rasanya. Akhirnya saya lebih sering menghabiskan waktu saya membaca buku cerita, apa saja, termasuk komik silat. Hasilnya? Saya cuma peringkat 3 di kelas. But, who cares? Saya pikir. Mami juga gak protes.

SMA? Apalagi. Gak pernah tertarik untuk serius belajar. Sekolah juga malas malasan. Gak begitu semangat. Entah kenapa. Saya malah lebih sering nulis cerpen. Saat penjurusan, dulu itu, saya kepilih masuk IPA. Saya gak mau. Mau IPS saja, soalnya temen deket saya masuk IPS. Waktu itu sempet keruangan TU; minta pindah. Tapi akhirnya gak jadi, entah kenapa. Jadi lah saya terdampar di IPA.

Makanya sekolah saya apa adanya. Nilai juga terserah nemplok aja. Yang penting raport gak merah angkanya. Cuma, kadang di pelajaran Matematika dan Fisika saya suka kasih fokus lebih, soalnya disitu saya agak enjoy belajarnya. Makanya nilai raport konstan di angka 8. Selain itu, biasa aja. Saya malah lebih senang main bola dan nari “breakdance”, terutama mulai saat kelas 2. Dimana saat itu saya get to know a girl which, don’t know why, she is somehow attached to me. Very close.

Belajar gak lagi jadi fokus utama.

Makanya saya ketawa ketika bu guru minta saya isi formulir PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan). Serius nih? Wong selama ini mentok nya cuma juara 4 di KELAS lho, bukan se SMA. Isi saja donny, malah saya dimarahin. Ok lah. Saya isi. Milih apa ya? Saya milih asal; Teknik Mesin UI pilihan pertama, dan Teknik Sipil UI kedua. Habis diserahkan, saya malah lupa. Sampai kemudian saya dipanggil bu Guru, dikasih surat sambil ucapan selamat: “Kamu diterima di Teknik Mesin UI”… Hahahahah… masak siiihhh? ….ternyata bener. Jadilah saya kuliah di UI Agustus 1985.

Sesampai nya di Jakarta, (ini mirip lagunya Ebiet.. sesampainya di laut…), saya masih aja kuliahnya santai. Bukan fokus kuliah, malah pengen pindah kuliah di Jerman, ikut program pak Habibi. Ikutan test, gak lulus. Terpaksa mendem di Depok. Sampai jadi Insinyur 5 tahun kemudian.

Kerja juga begitu. Cepet bosan. Hari pertama kerja, Nov 1990, langsung ngirim lamaran ke perusahaan lain. Test. Lulus. tapi gak diambil karena posisinya gak enak. Bah. Begitu terus. Ngelamar. Di test. Ada yang lulus, ada yang gak. Tapi malah gak pindah pindah. Malah tahun 1995 saya dikirim ke California, kerja sambil jalan jalan ke Los Angeles dan Las Vegas. Tahun 1997 ke London. Saya pikir, berhenti aja kerja kali ya, mendingan tinggal di London aja.

Eh, malah terlempar ke Dumai, terus Singapore, baru kemudian akhirnya terdampar di London, sampai sekarang, walau saat ini lagi tugas dulu ke Saudi.

So, what is the moral of the story?

Kita boleh saja ngedumel, bosen, dan pengen pindah, atau gak puas, tapi we must do the best we can in what we good at.

Justru disitulah nikmat nya, ada variasi lah hidup ini, gak membosankan, ada semangat wara wiri nya….ada semangat ngejar nya….ada sesautu yang di cari ketika bangun pagi hari..

How about the girl? Ahhh…. she is out there now…somewhere….let’s not talk about her now, shall we?

Categories: My Story

Tagged as:

3 replies »

  1. Apa sih yang dicari dalam hidup….. Sejak kecil punya cita-cita tinggi, tapi tidak disebutkan apa…. Hidup yang penuh misteri, saya rasa….. Atau hanya karena ada yang disembunyikan….atau cuma karena tidak mau jujur dan terbuka untuk menceritakan….. Entahlah……

    Like

  2. Ups…..sorry, mohon dimaafkan atas kesalahan yang ada….
    Tadinya hanya sekedar ingin berkomentar saja…..ternyata itupun salah….. Sekali lagi, mohon dimaafkan atas segala kesalahan yang ada ya…..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.