Find Your Purpose, Keep Your Passion Alive

Waktu saya tinggal di Wimbledon, setiap sore hari Rabu saya ngantar anak saya les piano, private. Biasanya saya nganter nya jalan kaki, karena lokasinya deket sekolahan dan sekaligus juga deket Apartment tempat tinggal saya. Dalam perjalanan jalan kaki menuju tempat les piano tersebut, saya selalu melewati susunan toko yang berada dipinggir jalan Kingston Road. Ada satu toko yang sangat menarik perhatian saya. Toko tersebut, atau tepatnya blok yang dipakai, bukanlah digunakan untuk jualan barang kelontong, tapi dijadikan tempat menggambar/design Arsitektur. Ya, dijadiin kantor sama Konsultan Arsitektur. Terlihat jelas dengan adanya 2 meja gambar besar, yang dulu biasa saya gunakan saat bikin Tugas Menggambar di Teknik Mesin UI dulu, 1986.

Yang menarik bagi saya adalah para Insinyur yang sibuk menggambar secara manual itu adalah bapak-bapak yang sudah sepuh,  saya perkirakan umurnya sudah 70 tahunan. Takjub saya lihat mereka. Yang dua tekun menggambar, yang lainnya sibuk dengan model Gedung yang sedang mereka design. Jelas sekali mereka enjoy sekali kelihatannya. Masih semangat tinggi untuk berkarya dan beraktivitas. Luar biasa.

Banyak orang saya lihat jika sudah baru saja bergabung dengan kelompok umur 50 keatas, pikirannya yah sudah lah, santai aja, relax, siap siap pension dan jadinya agak males-malesan jalanin hidup. Ada juga yang bilang, konsentrasi saja lah dengan mempersiapkan diri untuk menghadapi hari akhirat, menghadapi kematian, jadi banyak banyak beribadah.

Padalah, kita tahu bahwa hidup ini mesti diisi untuk jadi lebih bermakna, baik bagi kita maupon bagi masyarakat sekitar. Harus tetap semangat. Harus tetap ada “fire in your mind” sehingga kita bangun pagi dengan semangat dan mempunyai makna.

Maish ingat kan kalau si Colonel Sanders memulai bisnis Ayam Goreng KFC nya saat umur 65 tahun. Atau si RoyKroc mulai mikirin bikin Mc Donald saat umur 52 tahun, atau Nelson Mandela jadi presiden umur 75 tahun. Masih banyak lagi lho orang yang sudah tua tapi tetap berkarya bersemangat.

So, find your purpose, find your passion, and keep it alive, sehingga bikin hidup anda jadi lebih hidup dan bermakna.

Kalau saya ditanya, dimana saat ini sudah 52 tahun, saya merasa saat ini sangat bersemangat sekali, sangat antusias menghadapi masa depan. Saya sudah punya visi bagi saya sendiri, dan saya bisa menvisualisasikan Visi tersebut sehingga akan menjadi pemicu semangat saya setiap hari. I have found my passion.

Saya ingin konsentrasi pengembangan di dalam hal Leadership sambil terus megembangkan E-Learning Website saya sebagai wadah untuk berkontribusi bagi pengembangan skill dan knowledge bagi engineer, secara gratis, menerbit kan tiga buku lagi tahun 2019 dan 2020. Dan satu hal monumental lagi, adalah saya pengen bisa hafal Al-Quran, before I die. That’s my vision, that’s my passion.

Untuk bisa melakukan hal itu, maka saya harus tetap sehat dengan memaintain gaya hidup sehat, seperti:

  1. Commitment, Persistent and Consistent
  2. Olahraga rutin 20 menit sehari: kombinasi lari dan jogging, yang kalau diukur bisa mencapai 2 km lari plus jalan per hari.
  3. Makan teratur: karena saya orang Padang, maka makan nasi itu sudah wajib hukumnya. Untunga nya saya gak suka gajebo, hati, dan segala macam jeroan. Cukup ayam sekali sekali, ikan, dan yang penting samba lado jangan ketinggalan.
  4. Membaca buku dan menulis.
  5. Zikir dan menghapal setiap hari.
  6. Help others
  7. Enjoy and redeem myself.

How about you? You can do it and find your passion and your vision.

Salam Hangat,

Donny Agustinus.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: