Trust Don’t Come Easily

Kalau anda menghadiri sebuah seminar tentang apa saja, maka biasanya peserta seminar tersebut tidaklah saling kenal mengenal. Plaing satu atau dua. Sisa nya completely stranger. Tapi, semua memiliki kesamaan, yaitu ketertarikan akan sesuatu ayng akan dibahas didalam seminar tersebut.

Manusia sebagai makhluk ciptaan Allah mempunyai kecenderungan untuk selalu berada didalam lingkungan yang dia merasa nyaman, lingkungan dimana dia merasa satu ide dengan tetangga atau teman sejawatnya. Dari mempunyai rasa aman dan kesamaan prinsip itu lah, secara perlahan akan ada interaksi yang kemudian menimbulkan pertemanan dan akan menimbulkan rasa saling percaya.

Begitu juga dengan lingkungan pekerjaan. Jika kita bekerja didalam sebuah lingkungan yang sesuai dengan keinginan kita dimana kita merasa aman dan nyaman untuk mengekspresikan diri, maka kita akan enjoy serta sukses akan datang dengan sendirinya. Situasi tersebut hanya akan bisa tercipta jika Leader dari tempat kita bekerja bisa menciptakan suasana tersebut.

Dalam keluarga juga begitu. Jika suami mampu menciptakan suasana yang aman dan nyaman bagi anggotak kelluarga untuk meng-ekspresikan diri mereka tanpa harus takut di cemeeh atau di ledek atau parah lagi di omelin, maka percayalah, suasana rumah akan sangat nyaman dan indah, Insya Allah.

Ciptakan lah,  rasa aman dan timbulkan rasa TRUST diantara sesama anggota keluarga, dengan sesama teman sejawat dalam pekerjaan, terhadap anak buah dan terhadap anak anak kita sendiri dan juga istri kita.

Trust itu tidak akan datang begitu saja, perlu latihan secara kontinue. Lakukan hal hal kecil yang sepele namun akan sangat mengena dan menimbulkan bekas di hati. Misalnya, seringlah mendekap istri sambil menanyakan kabar hari ini. Menyapa anak anak dan berdiskusi dengan mereka secara rileks. Let them talk freely.

Bangun suasana kondusif dan nyaman di rumah. Jika kita bisa sopan dan ramah di kantor, kita pun harusnya bisa lebih sopan dan ramah di rumah bagi orang terpeting dalam hidup kita yaitu:anggota keluarga kita.

Suami sebagai Leader, harus mampu menciptakan suasana itu. Harus mampu mendengar dan menyimak serta  memberikan rasa aman dan nyaman untuk anak anak tumbuh cemerlang dan istri yang cerah ceria.

 

Not easy though, need hard work, commitment and consistency..

 

 

So close no matter how far

Couldn’t be much more from the heart

Forever trusting who we are

And nothing else matters

(Metallica)

 

 

Leave a Reply