Empathy, bukan Makan Hati apalagi Sakit Hati

Empathy, bukan Makan Hati apalagi Sakit Hati

Pagi itu, seorang anak buah dipanggil bos nya. Dengan agak lesu dia mengetuk pintu. Setelah dipersilahkan masuk, si boss langsung bilang: “Bulan ini performance kamu kurang bagus. Kamu harus perbaiki dan bulan depan harus bagus. Caranya terserah kamu. Kalau gak improve juga, yah siap siap aja …”

Si bos memang berkuasa karena dia manager dan diberi kekuasaan untuk itu. Tapi, jelas sekali bahwa dia bukanlah seorang Pemimpin…Leader. Dia jelas bukan  seorang Leader.

Bayangkan jika itu terjadi pada anak nya… “Boy, bapak dapat laporan dari sekolah bahwa kamu suka bolos. Nilai kamu juga menurun drastis. Kenapa sih kamu gak bisa seperti kakak mu yng pintar. Semester depan, awas ya kalau nilai kamu masih juga jelek, siap siap aja untuk dipecat sebagai seorang anak, ready for adoption”.

Jelas itu bukan sikap yang tepat. Amat salah malah.

Dalam dunia management, sikap si bos itu sangatlah tidak tepat. Dia seharusnya bersikap empathy. Seharusnya dia memulai dengan: “Performance kamu bulan ini kok jelek ya. Ada apa? Ada yang bisa saya bantu?

Kita sebagai manusia pasti punya banyak masalah. Dan itu akan mempengaruhi performance di kantor. Entah Ibu nya lagi sakit, atau anak nya sakit. Bisa juga kakaknya lagi bermasalah dalam kehidupan nya yang mau tak mau dia ikut memikirkannya. Apa saja masalah kehidupannya akan mempengaruhi kerja dia.

Disitulah peran seorang Leader dalam memahami anak buah dan kemudian ikut membantu memecahkan masalahnya sehingga dia akan semangat lagi.

Begitu juga dengan posisi sebagai Ayah. Jika anak nya lagi bermasalah, ajak ngomong. Bikin suasana relaks sehingga dia akan mu terbuka. Tentu saja hal ini tak akan tercapai begitu saja. Harus dibina dan di latih. Ciptaka trust antara Ayah dan anak, antara Ibu dan anak, dan antara Suami dan Istri. Dan yang terpenting, sebagai Leader, sebagai Ayah, dengar kan saja apa kata anak nya. Just listen. Don’t talk until it comes your turn.

So, berikan empathy, jangan makan hati apalagai sampai sakit hati. Help him, embrace him, support him and nurture him.

Sayup Chris Martin bersenandung…
When you try your best but you don’t succeed
When you get what you want but not what you need
When you feel so tired but you can’t sleep
Stuck in reverse
When the tears come streaming down your face
When you lose something you can’t replace
When you love someone but it goes to waste
Could it be worse?
Lights will guide you home
And ignite your bones
And I will try to fix you

Leave a Reply