Salah satu keyakinan yang selalu saya pegang dengan erat adalah kesuksesan kita tidaklah hanya tergantung kepada usaha kita saja. Banyak faktor yang saya yakini sangat berperan didalam sukses seseorang.

Yang paling utama, menurut saya adalah keluarga kita sendiri. Doa seorang istri dan anak-anak akan sangat menentukan susksesnya karir seseorang. Istri bagi saya mempunyai posisi yang sangat penting didalam menentukan kemajuan karir kita. Dukungan dan doa dari istri akan sangat bermanfaat didalam memacu semangat kita.

Yang kedua adalah orang tua. Doa dari orang tua jelas sangat kuat sekali gemanya hingga ke hadirat Allah SWT.

img_9798-copyYang ketiga adalah doa dari orang-orang sekitar kita. Bisa saja adik, kakak, tetangga atau siapa saja yang berkenan mendoakan kita. Berkenan mendoakan tentu saja tidak akan datang begitu saja, tanpa dipupuk terlebih dahulu. Caranya tentu saja dengan tetap membina hubungan baik dengan sesama orang terdekat, dan sedia kapan saja untuk membantu siapa saja yang membutuhkan.

Karena didalam gaji yang kita terima, ada hak-hak orang lain yang tidak boleh kita makan. Didalam kesuksesan kita, ada peran orang lain yang kita tidak tahu dan tidak sadari.

Bisa jadi Allah memberikan kita sebuah pekerjaan baru atau gaji yang lebih tinggi, karena Allah berkeinginan untuk menitipkan kepada kita hak orang lain yang harus kita berikan kepada mereka yang berhak. Bisa saja kita diterima disebuah perusahaan yang memberi gaji lebih tinggi karena doa dari orang lain yang kita sempat memberikan bantuan kepadanya.

Jadi, tak pantas rasanya kita jadi sombong hanya karena diterima bekerja di perusahaan yang memberikan gaji yang tinggi. Tak ada gunanya.JUstru diharapkan dengan diterimanya kita bekerja di sana, akan semakin besar zakat yang akan kita bayarkan dan akan makin besar sumbangan yang akan kita berikan kepada saudara-saudara kita yang memerlukan.

Karena saya percaya, didalam setiap rezeki, ada sebuah cobaan yang hendak Allah berikan kepada kita, apakah kita mensyukuri dalam bentuk membayarkan zakat dan menggunakannya dijalan yang benar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.