Adalah sebuah kegembiraan yang tak terhingga atas sambutan yang jauh diluar dugaan saya terhadap buku edisi pertama dari Pengantar Piping Stress Analysis dengan CAESAR II.

Jujur saja, buku edisi pertama tersebut adalah buku yang pertama kali saya tulis, cetak dan pasarkan sendiri tanpa melalui jaringan distribusi penerbit besar.

Ide dari pembuatan sekaligus penerbitan buku pertama tersebut tidaklah muluk. Hanya ingin memberikan pilihan bagi Insinyur yang baru lulus, saya lebih senang menyenbut mereka sebagai Insinyur Muda atau Young Engineer, yang ingin mempelajari dan berkinginan untuk berkarir di Piping Stress Analysis. Hal ini lebih berdasarkan pengalaman saya 18 tahun berkecimpung dalam dunia per-stress-an, dimana adalah sangat sulit untuk mencari buku referensi tentang Piping Stress Analysis yang praktis tapi sekaligus komprehensif, baik berbahasa Inggris apalagi yang berbahasa Indonesia.

Waktu itu, buku yang saya cari adalah buku yang mengkhususkan penulisan tentang bagaimana caranya melakukan perhitungan stress analysis dengan menggunakan CAESAR II, dimulai dari awal sekali, yaitu saat proses pengumpulan data, pembuatan isometric, sampai pemasukan atau input data ke CAESAR II.  Termasuk didalamnya  tentang pengertian load case dan pemilihan load case yang sesuai dengan kebutuhan perhitungan.

Memang banyak sudah buku tentang Piping Stress Analysis yang beredar di pasaran, namun belum ada yang berbahasa Indonesia. Untuk yang berbahasa Indonesia, sepengetahuan saya, hanya ada buku yang dikarang oleh Pak Raswari, Perencanaan dan Penggambaran Sistem Perpipaan, dimana tidak mengkhususkan kepada cara cara perhitungan Stress Analysis.

Bahkan kalau mau ditelaah lebih jauh, buku yang berbahasa Inggris pun tidak lah memberikan pedoman bagaimana melakukan penghitungan stress analysis degan menggunakan Program Komputer seperti CAESAR II atau pun  AUTOPIPE, tidak juga memberitahukan hal hal apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum memulai proses peng-input-an data ke computer, serta bagaimana menganalisa data yang dihasilkan oleh anallisa computer tersebut.

Mungkin bagi para expert dibidang Piping Stress Analysis, ketiadaan buku tersebut tidaklah menjadi masalah besar.

Namun, ketiadaan buku yang memberikan pengertian awal tentang stress analysis serta hal hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan sebelum memulai pekerjaan analisa, akan menyulitkan bagi para Insinyur muda yang mencoba peruntungannya berkarir di bidang Piping Stress Analysis dan menjadi stress-boy.

Saya masih ingat betapa bingungnya saya ketika pertamakali bergabung dengan Stress Group pada saat bergabung dengan salah satu perusahan Engineering di Jakarta pada tahun 1990.

Pada saat itu bimbingan sangatlah minim dan hanya mengandalkan kepada pedoman praktis dan prosedur dari perusahaan engineering dari Jepang dan Amerika Serikat yang menjadi partner kami waktu itu, serta pengalaman terjun langsung didalam proses penghitungan stress analysis dibawah arahan dan pengawasan para ahli Stress Analysis dari Jepang dan Amerika Serikat.

Pengalaman-pengalaman dalam bekerja dengan berbagai macam perusahaan Engineering dan berinteraksi dengan berbagai tenaga ahli piping stress analysis dari Amerika Serikat, Inggris dan Jepang itulah yang memperkaya khasanah keilmuan saya, sehingga membuat saya berpikir, untuk mencoba menuangkan dan menuliskan dalam bentuk sebuah buku panduan.

Akhirnya, lahirlah buku edisi pertama saya yang dirilis January tahun 2009, yang berisi tentang tuntunan untuk melakukan perhitungan Piping Stress Analysis dengan menggunakan CAESAR II.

Kenapa saya memilih CAESAR II, dan bukannya software lain?

Hal ini lebih kearah kenyamanan saya saja. Walaupun dalam perjalanan karir saya, saya kadang-kadang juga menggunakan software selain  CAESAR II, namun saya lebih nyaman menggunakan CAESAR II.

Sesuai dengan judulnya, maka buku ini adalah semacam buku panduan bagi seorang Piping Stress Engineer atau seseorang yang ingin menjadi Piping Stress Engineer, didalam melakukan pekerjaannya dengan menggunakan program komputer CAESAR II.

Didalam penulisan buku edisi pertama lalu, saya mencoba menggunakan gaya Bahasa yang semi formil dan mencoba tidak terlalu teknis, kecuali pada bagian yang menampilkan rumus rumus atau formula yang sudah baku.

Saat ini saya sedang mempersiapkan edisi kedua, dimana akan dilakukan beebrapa perubahan dan penambahan materi. Pada edisi kedua ini, saya akan tetap mempertahankan gaya Bahasa tersebut sambil mencoba menyempurnakan pada bagian-bagian tertentu.

Bukunya sih belum selesai, lebih karena kesibukan saya saat ini.

Insha Allah, saya bertekat untuk menyelesaikannya sebelum liburan puasa tahun ini.

2 Comments »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.