Hidup adalah sebuah perjalanan yang penuh ketidakterdugaan, kata orang bijak. Banyak kejadian dalam hidup kita yang terjadi kadang meleset dari rencana kita, bahkan sering apa yang menimpa kita bertolak belakang dengan keinginan kita.

Sampai-sampai ada orang berpendapat tidak usah lah punya rencana A atau rencana B, toh nanti hasilnya pasti berbeda. Dengan kata lain, banyak orang lebih memilih menjalani hidup ini “bak air mengalir”. Jalani saja dan hadapi saja kenyataan halangan dan rintangan.

Namun ada juga orang yang tetap bersikukuh untuk membuat rencana A dan B dan C dalam kehidupannya.

Lalu saya ada disisi sebelah mana?

Kalau dilihat postingan saya terdahulu, mungkin bisa ditebak bahwa saya adalah seorang pemimpi. Mimpi saya kadang dibilang orang “ketinggian”.

Saya lebih tepat menyebutnya sebagai “mimpi terencana”.

Saya punya “mimpi” yang saya buat dalam rencana A dan B untuk masa depan saya.

Ketika di Jakarta, 2002, saya sudah mempunyai mimpi untuk kuliah dan kemudian kerja di Inggris. Namun apa daya biaya tak punya, cari bea siswa pun tak ada yang mau ngasih..:)

Ada memang program HSMP pas di launch tahun 2002, tapi saya gak lulus dari sisi gaji per tahun yang masih rendah.

Tapi saya tidak pernah menyerah. Mencoba mencari dan mengembangkan network, sambil tak lupa berdoakepada Allah SWT tentunya, jadilah saya ke Singapore. Dari sana, keinginan ke Inggris tetaplah kuat, dan senantiasa menganggap bahwa SIngapore adalah sebagai batu loncatan saja, menuju cita-cita besar.

Setahun di Singapore, slip gaji menunjukan bahwa saya bisa lulus di point tersebut pada aplikasi HSMP, dna benar saja, alhamdullillah, saya pun akhirnya terbang ke Inggris. Oh ya, saya baru tahu ada lagunya Changchuter’s Hijrah ke London, yang kalau di luncurkan pas saya di Jakarta mungkin jadi cock kali ya.. πŸ˜‰

Tahun pertama di London, 2004, adalah termasuk tahun yang berat. Saat itu bisa dikatakan “job opportunity” di London tidaklah bagus-bagus amat alias tidak banyak. Enam bulan pertama saya adalah pegawai kontrak. Enam bulan berikutnya mereka menawarkan saya menjadi pegawai tetap, namun setelah saya pertimbangkan , saya memilih tetap jadi pegawai kontrak. Alasan utamnya tak lain tentu soal gaji pegawai tetap yang kecil dan dipotong pajak yang besar.

Walau pun agak ketar-ketir sebagai pegawai kontrak mengingat saya masih sangat abru di Inggris sehingga belum mengetahui persis kondisi “pasar tenaga kerja disana”, tapi saya tetap mencoba bertahan dan berdoa.

Saya selalu dan senantiasa berdiskusi dengan atasan saya terutama mengenai sampai berapa lama kontrak saya akan diperpanjang. Saya bahkan bilang, jika kontrak mau habsi, agar saya diberi tahu sebulan atau dua bulan sebelumnya, walaupun di kontrak dikatakan cukup diberi tahu satu minggu sebelumnya.

Alhamdulillah, dia cukup pengertian dan mau memahami kondisi saya sehingga berjanji akan memberitahukan saya jauh-jauh hari sebeumnya jika sudah tidak ada project lagi

Setahun di Airproducts, tahun 2005, karena saya dnegar project baru sudah tidak ada, saya pun mulai nge-browse Internet. Awalnya sih beritanya gak begitu bagus: “market lagi quiet”, jadi mesti nunggu.

Syukurlah, September 2005 dapat tawaran kerja di Fluor Camberley. Setelah itu tiba-tiba saja Allah membukakan pintu rezeki ketika agent dari Bechtel menghubungi saya. Hanya sebulan di Fluor, yang berada di luar kota banget, saya pun langsung pindah ke Bechtel yang berada di tengah kota.

Disitulah saya bertahan 2 tahun, sebelum kemudian ada panggilan dari CB&I di Paddington, dan kemudian Saudi Aramco datang memanggil, diselingi dengan kerja di Foster Wheeler Reading karena kelamaan menunggu pengurusan tetek-bengeknya Saudi Aramco.

Saat ini sudah 6 bulan di Saudi Aramco.

Kalau mau direview, apakah semua ini masih termasuk dalam kerangka rencana saya?

Jujur saja, tidak.

Lalu apakah salah punya rencana?

Saya bilang sihi ndak salah, perlu malah, demi memacu semangat. Jika hasilnya berbeda dengan yang kita rencanakan, nggak apa-apa kan, apalagi kalau hasilnya malah jauh lebih baik.

Kalau hasilnya jauh lebih buruk? Mungkin ada yang perlu kita introspeksi mengenai rencana kita tersebut dan bagaimana kita menjalani dan menyikapi hidup ini.

Pertanyaan selanjutnya mungkin: Berapa lama saya akan berada disini? Sampai pensiun karena saya adalah pegawai tetap?

Again, you never know what Allah palns for you.

My plan? I will keep it close to my chest.

28 Comments »

  1. Inspiring, Pak Donny

    buat saya, mimpi bikin hidup lebih hidup..terlepas apakah akan tercapai atau tidak. Yang penting adalah perjuangan dan pengorbanan dalam pencapaiannya.

    thx for sharing

    Like

  2. Berkesan bwt saya, Pak Donn

    Bwt saya saat ini mang Allah-lah Maha Perencana bagi setiap hambaNya. Baik dan buruk hasilnya merupakan cerminan dari usaha yang kita lakukan. Semoga yang kita capai saat ini merupakan yang terbaik buat kita. Cintai prosesnya dan biarkan Allah yang memutuskan haisinya. Amien

    Terima Kasih Pak Donny atas petuah dar kisah hidup yang berharga.

    Like

  3. Mungkin yang lebih enak, “Siap untuk sesuatu yang datang”.
    Ketika ingin jadi petani saja, tapi tiba2 ada yang menawari jadi juragan tanah…. ya harus siap?Biasanya “kesiapan” itu cuma kalau “jatuh” dari posisi yang sudah mapan ke posisi lebih rendah atau jauh lebih rendah. Padahal semua sisi kehidupan adalah percobaan dan butuh kesabaran.
    Easy come, easy go. Semua di dunia ini yang kita rasakan ada dalam genggaman tangan yang kuat, ternyata bisa lepas dan hilang begitu saja…
    Dan kemudian datang lagi kembali dengan yang berbeda dan “terasa” lebih menyenangkan….
    Dan kemudian lepas lagi dari genggaman kita…
    Dan begitu terus sampai nyawa kita lepas dari jasad kita.
    Always ready for anything… eventhough it will be in different colour…

    Like

  4. Tiada hari tanpa bersyukur.
    Tiada hari tanpa berdoa.
    Tiada hari tanpa berusaha.
    Tiada hari tanpa beramal.
    mari selalu perpanjang silaturahmi.
    karena apa….??
    karena rerumputanpun selalu bertasbih kepada Khaliknya
    maka…
    Jadikan dunia ini ladang amal ibadahmu tuk di akhirat kelak.

    Great Job!

    Like

  5. wuihhh…salut abis dengan cerita perjalanannya pak..jadi terinspirasi, keep semangat belajar dan selalu ber doa demi semua angan dan harapan yang lebih baik…dunia & akhirat…..amin….

    Like

  6. mas dony manusia yang sabar, tapi tetap berikhtiar.
    saya mau tanya mas, saya kan di terima bekera di perumahan
    di inggris, mereka minta saya segera mengirim copy scan my passport. tp dari pihak immigrasi mengharuskan saya menyertakan copy scan passport ato id yang lain dari sponsor, di maksudkan agar itu pasti.
    apakah wajar dan aman bila saya kirim no dan passport saya.
    saya pernah di ingatkan agar berhati-hati dalam pengiriman docs berharga, menurut mas dony bagaimana ?
    terima kasih mas.
    semga di lindungi Alloh selalu

    Like

  7. terus terang saya seneng banget baca postingan pak dony yg sebelum2nya juga, meskipun gaya bahasa gaul habis heheh..tapi tetap intinya mengajak kita untuk terus mengingat dan bersyukur atas nikmat dan rahmat Alloh SWT

    Like

  8. cerita postingan ini membuat saya tetap semangat mengejar cita2 dan sembari tetap berdoa dan tawakkal, ya ALLAH.. terima kasih telah menyampaikan saya pada postingan ini… jika Engkau berkenan ya Rabbi, ijinkanlah hamba sekolah ke Inggris ya ALLAH, aminn πŸ˜€

    Like

  9. punya ataupun tidak punya rencana, sudah pasti Allah akan merencanakan sesuatu yg terbaik untuk kita yg penting kita berusaha dan berdoa serta ikhlas dalam menjalani hidup ini……

    Like

  10. bagus..bagus don…
    Saya banyak belajar dari anda… Anda tetap saya perhitungkan someday kalobalik Jkt utk kita kerjasama. Pasti mantab jalannya. Sesuai petuah anda, kita tinggal berdoa saja pada Allah SWT dan usaha secukupnya.
    BTW sambil lalu lihat ttg Sekawan Utama di blog saya.

    Salam.-

    Like

  11. assalamualaikum Mas…
    saya mahasiswa Teknik Perkapalan smester akhir yg tertarik sekali dengan piping stress analisis…

    saya ingin mengangkat judul TA saya tentang stress analisis pipa bongkar muat kapal tanker dengan menggunakan CAESAR II..

    terus terang saya belum mengerti sama sekali tentang piping system..tapi saya ingin mengenal dan blajar mengenai piping system..

    saya baru nemu blog Mas Donny dan bagai nemu durian runtuh,,,hahaha stidaknya masih ada harapan buat blajar..

    krna sblm nya saya nemu juga situs yg menawarkan kursus CAESAR II yg biaya kursus nya bg saya mahasiswa rantauan heeemmm,,,,luar biasa…

    buku yg Mas Donny terbitkan saya rasa sangat sesuai untuk saya yg sedang mencoba mengenal piping system dan penggunaan CAESAR II…

    Masih ada ga ya Mas bukunya???karena saya kalo ga salah uda setahun yh lalu Mas donny ngenalin buku ini dan tidak dicetak banyak…

    kalo masih ada,,,gmn caranya saya bs ngedapetin buku nya…harganya brp ya???

    mohon bimbingan nya….
    terima kasih sebelum nya
    andy_ersa@yahoo.com

    Like

  12. Assalamu ‘alaikum,

    Bang Don gimana kabarnya ? Keluarga di Padang amankah dari gempa kemarin ? KBR sekarang dapat job dari Saudi Aramco untuk FEED Syahbah Project. Apa bang Donny in charge di project ini ? Kebetulan KBR Leatherhead akan utilize some sources dari Jakarta untuk execute project ini dan salah satu kandidat untuk Piping-nya adalah saya. Namun latest info dari KBR Leatherhead skrg lagi process scopping antara KBR dengan Saudi Aramco.
    Kalau ada info mengenai Syahbah Project ini tolong di sharing ya… thanks.

    Wassalam,

    ridwan.rasyid@kbr.com

    Like

  13. suatu yg direncakan blom tentu sempurna
    apalagi tidak direncanakan
    hehehehe seperti apa alhasil……??????????
    goodluch…………

    best regards

    zulkifli

    Like

  14. Hidup mengikuti arus air lebih berisiko daripada meiliki mimpi dan planning A B dan C. Bicara pahitnya jika ngikut arus tiba2 baru sadar ketika usia kita habis masa produktifnya maka penyesalanlah yang megusik pikiran seumur-umur. Namun jika terplanning A mleset kita ke B mleset lagi mainkan yang C kalo hasilnya masih pait Toh kita sdh berusaha maksimal. Menurut pengalaman spiritual ” Tuhan tidak akan merobah nasib seserang jika mereka sendiri tidak berusaha merobah ” ternyata benar berdo’a dan berusaha jatuhnya akan lebih baik daripada yg mengikuti arus air.
    Jadi….mainkan saja…

    Like

  15. assalamualaikum,
    selamat siang pak donn…

    perkenalkan nama saya hery prawidian alamanda, alumni ITB 2005 (mech Engineer)

    pak, maaf kalo saya salah masuk, saya ingin minta pendapat saya, saya akan mengambil training, tapi saya bingung, antara piping stress analysis dan pipeline engineering, mana yang sebaiknya saya ambil pak. mana yang memberikan ilmu paling bnyak…

    apakah pada pipeline engineering juga diajarkan stress analysis?

    saya akan mengambil training di oilsoft jakarta. apakah itu baik, moho dibantu utnuk menjawab kebingungan saya ini

    mohon dibales melalui dianda_alamanda@yahoo.com

    Like

  16. Salam buat pak Donny, betul2 menggugah inspirasi saya. Mohon sekiranya berkenan untuk sharing bagaimana living dan working di ARAMCO ? Saya dengar ada diskriminasi untuk orang2 dari dunia ketiga seperti Indonesia.
    How’bout benefit and compensation ?
    Terima kasih sebelumnya

    Like

  17. Aslkm. wr. wb.
    Saya gak sengaja ketemu blog ini. Dan luar biasa, tulisan2 bapak sangat menginspirasi saya untuk menjadi lebih baik. Tulisan yang didasari atas pengalaman pribadi akan sangat membekas bagi saya. Semoga kelak saya juga bisa menjadi engineer yang hebat ( dan moga bisa melampaui bapak πŸ˜€ )

    regards,

    Like

  18. Mas Donny, Salam kenal
    Saya Beny yang baru bekerja nyaris satu tahun di EPC lokal dan Bulan depan alhamdulillah saya akan mulai berkerja di perusahaan Multinasional. Dan saya merupakan penggemar berat Mas Donny dalam hal bermimpi. Sebenarnya saya sudah lama membaca blog yang mas punya dan entah mengapa saya mempunyai hasrat menulis komen disini saat ini. Dan tujuannya adalah hanya untuk berbagi mimpi bahwa saya mempunyai mimpi yang tinggi yang hampir semua orang yang mendengarkannya mengatakan, “Jangan terlalu tinggi bermimpi, nanti stress dan gila jika tidak berhasil. Tapi semkain orang mengatakannya, semakin besar keinginan saya untuk membuktikan bahwa saya pasti bisa. Impian saya dapat bekerja di perusahaan Oil and gas terbesar seperti Saudi Aramco, ngejejakin karir di Eropa especially London dan Amerika especially Houston, dan mengawali semua perjalanan saya di kawasan Asia, khusunya Korea dan Jepang. yang intinya memang saya ingin berkeliling dunia dan tentunya berkahir di Baitullah.
    Sedikit gila bagi sebagian orang, tapi memang saya memang gila dalam urusan bermimpi, hahaha

    Salam Kenal Mas,
    Semoga saya bisa bertemu Mas Donny

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.