Life in The UK

London Yang Sangat Heterogen

Banyak orang berpendapat bahwa nilai-nilai keislaman banyak dipraktikan didalam kehidupan orang sehari-hari di London, terutama yang dilakukan oleh kaum non-muslim.

Sadar tidak sadar, didalam praktek kehidupan mereka, mereka yang sama sekali tidak pernah mempelajari islam, justru seolah-olah lebih islami dari orang islam di Indonesia.

Bukan cuma di London saja, bahkan kota seperti Paris pun tak obahnya begitu. Sampai-sampai ada ulama mesir yang lama tinggal di Paris mengatakan bahwa suasana ke-Islaman justru lebih terasa di Paris dibandingkan di Kairo!

Apa sih sebenarnya yang terjadi?

Lama juga saya amati peri laku orang bule sini yang notabene adalah beragama, sesuai KTP, yaitu Kristen.

Yang pertama mungkin adalah masalah ketertiban dalam segala aspek kehidupan. Mulai tertib sejak dari rumah, antri mau masuk ke Bis Kota, antri beli karcis, tertib dalam membawa mobil, saling mengalah, tidak suka ngotot-ngototan, sangat toleransi, sangat sopan, dan jika seseorang sedang menjalankan ibadah, misalnya kita lagi sholat, maka mereka dengan sendirinya akan diam menunggu kita selesai sholat, baru melanjutkan percakapan atau baru berani memasuki ruangan kita.

Mereka melakukan hal itu bukan berdasarkan perintah agama mereka. Semuanya seperti sudah otomatis dilakukan. Mereka tidak peduli apakah kita beragama Islam aliran apa, selama itu tidak menggangu mereka dan selama tugas kita berlangsung dengan benar, silahkan saja.

Memang pasti selalu saja ada orang yang usil, tapi mereka nggak akan berani macam-macam, karena jika kita merasa di lecehkan, kita bisa dengan mudah menelpon 999, maka sudah siap datang apa yang kita minta: Polisi, Fire Brigade, atau Ambulance. Dan dia bisa saja berurusan dengan polisi.

Kalau anda berjalan ke Oxford Street di London, sampai ke Marble Arch, maka pemandangannya sudah seperti di Middle East: banyak perempuan ber jilbab hitam (abaya).

Di Regent Park, belakang Central Mosque di London, ada Park dan Play Ground yang biasanya dimainkan oleh anak-anak berbagai macam ragam dan bangsa serta agama, seperti gambar dibawah ini.

Disana mereka bermain dan bercampur tanpa pernah memasalahkan agama, bahkan ada keluarga dari Israel, Perancis, Polandia, Belanda, Rusia, Amerika, Saudi Arabia, dan tentu saja Indonesia, alias saya.

Makanya, ndak heran banyak orang yang mau tinggal di London.

Saya termasuk nggak ya?

Categories: Life in The UK

Tagged as:

5 replies »

  1. Quote:
    Mereka melakukan hal itu bukan berdasarkan perintah agama mereka. Semuanya seperti sudah otomatis dilakukan.
    —-
    Sorry saya tidak setuju dengan pernyataan ini, mungkin ada baiknya diteliti dari perkembangan sejarah inggris itu sendiri, bagaimana mereka bisa toleran seperti itu. Setau saya sikap seperti itu sudah ada pada tradisi mereka yg turun temurun. Pasti ada akar dari tradisi itu. Akar ini yg perlu dipelajari, bisa saja berasala dari agama, adat istiadat, atau hal lain.. Salam..

    Like

  2. Hi Mas Don,
    Saya rasa kalau mereka benar beragama Kristen (sesuai ID/KTP-nya), maka perintah yang paling utama dalam agamanya sudah jelas yaitu: Kasih, kasih kepada Tuhan, dan kasih kepada sesama.

    Apakah mereka melakukannya karena mengikuti perintah agama atau memang sudah mendarah daging karena implementasi yang sudah turun temurun (sehingga kesannya otomatis), hanya Tuhan yang tahu… 🙂

    Salam,
    Erwin Baja Simanjuntak

    Like

  3. Saya pernah memikirkan hal yang sama ketika mendapat kesempatan dinas di sana 6 bulan yang lalu, tapi pertanyaan saya adalah apakah mereka bisa bersikap begitu karena memang dalam ajaran mereka (Kristen) sudah sejak kecil diajarkan untuk saling mengasihi sesama manusia ??? kebetulan walaupun saya muslim tetapi menghabiskan sekolah di internasional school beberapa negara.

    Like

  4. mas Don,salam kenal,moga keberadaan anda masih di London,saya tertarik pada tulisan-tulisan anda.mkasih banget dengan imformasinya.saya berharap dapat terus bisa kontak dengan anda.meski saya dari profesi yang lain dari anda.dan harapan saya moga anda bisa memberikan imformasi tentang kapal-kapal perikanan di inggris dan lowongan kerja di kapal perikanan inggris.siapa tahu aku bs nyusul mas Dony ke sana.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.