PLTN, sebuah Rencana Panjang

Dalam Dekrit Presiden Republik Indonesia nomor 5 tahun 2006 tentang Kebijaksanaan Energi Nasional Indonesia, Nuklir dimasukan kedalam kategori RE, Renewable Energy, yang porsinya pada tahun 2025, diharapkan sebesar 17% dari total kebutuhan Energy kita.

Dari 17% tersebut, Nuklir, bersama dengan Biomass, Hydro Solar Energy, Wind Power kebagian jatah 5%, sama dengan Geothermal dan Biofuel, plus 2% untuk Coal Liquefaction.

Dari sisi perangkat hukumnya, Nuklir sebagai sumber energi dicantumkan dalam UU no. 10 tahun 1997, yang kemudian diikuti oleh Dekrit President No. 197 tahun 1998 yang menyatakan pembentukan BATAN sebagai Pusat Pengkajian dan Pengembangan Penggunaan Nuklir di Indonesia.

Yang paling anyar adalah keluarnya Peraturan Pemerintah No. 43 tahun 2006 masalah Izin Reaktor Nuklir.

Nah, kemudian Pemerintah pun mengeluarkan apa yang disebut Road Map of Nuclear Energy Development.

Disana kita bisamelihat bahwa PLTN no. 1 akan siap dibangun pada tahun 2011, yang segera kemudian diikuti dengan PLTN No. 2, 3 dan terakhir PLTN No. 4 pada tahun 2025.

Apakah rencana ini masih realistis, hanya waktu yang akan mampu menjawabnya.

The Road Mad:

roadmap-nuclear-energy-development.jpg

Advertisements

2 Replies to “PLTN, sebuah Rencana Panjang”

  1. Tanggapannya dong mas donny tentang PLTN di Indonesia, di Indonesia banyak sekali pro kontranya neh, klo saya sebagai pekerja di badan Regulatory di negara kita setuju dengan ini, tp secara pribadi apakah kita siap. itu yang menjadi pemikiran kita bersama selama ini, terutama dari segi SDM di negara kita.
    saran dan masukan boleh juga neh mas…

    Thanks

    alfa

    Like

  2. Jangankan PLTN, PLTSA di bandung aja menimbulkan pro dan kontra. Jelas-jelas itu menanggulangi dua sekaligus masalah di bandung, Sampah dan peningkatan daya listrik buat kota bandung. Memang sich ada sisi negative nya, hal ini diakibat kan topografi di daerah bandung sendiri. Tapi itu bisa teratasi oleh penanganan yang benar oleh para ahlinya.

    PLTN juga bisa dibangun dinegara kita, Reaktor TRIGA 2000 Bandung milik BATAN tempat saya Kerja Praktek Menghasilkan 2MWatt. Toh aman-aman saja belum ada bahaya2 seperti yang dibayangkan masyarakat. Toh kalo takut akan radiasi, semen yang kita pakai untuk membangun juga mengeluarkan radiasi.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s