My Story

Sekolah Menentukan Masa Depan

Dulu, waktu masih kuliah, ada ungkapan “Duduk menentukan masa depan”, khususnya pada saat ujian semester.

Artinya, kalau mau ujian harus nyari posisi duduk yang pas dan enak, dalam artian lokasi tempat duduk kita harus dikelilingi oleh “the brightest student in the Class”, maksud nya biar gampang nanya. Saya begitu nggak dulu ya..? He..he, nggak lah.

Sekarang, ada istilah lagi: Sekolah menentukan masa depan. Sekolah yang bagus, sejak SMP, SMA, akan membawa kita ke Universitas yang bagus dan tentu saja diharapkan masa depan yang bagus pula.

Di Indonesia, masih berlaku nggak ya yang begituan?

Di Inggris, sepertinya sangat berlaku.

Sistem penerimaan di Universitas Top di UK adalah tergantung nilai Ujian pada saat A Level. Jika semua mata ujian wajib, seperti Math, English, Science, dapat nilai A, maka bisa dipastikan para Universitas Top, seperti Oxford dan Cambridge, akan pada antri mengundang kita kesana.

Belum lagi, saat ini, Harvard Unievrsity dan MIT pun mulai melirik lulusan SMA-nya Inggris, untuk diberi bea siswa ke Amrik sana. Sehingga diakui oleh Oxbridge (Oxford – Cambridge University), banyak bright-student Inggris yang mulai lari ke US.

Kembali ke cerita awal, nilai yang bagus pasa saat A Level, tidak akan datang begitu saja, pasti melalui proses pengajaran dan pelatihan yang panjang.

Nah, ini biasanya hanya didapat kalau kita bersekolah di Sekolah bermutu.

Jangan salah, di Inggris sendiri, tidak semua sekolah SMP/SMA nya bermutu. Yang jelas bermutu, dan milik pemerintah alias sekolah Negeri, adalah apa yang disebut Grammar School.

Ini bukan sekolah bahasa, walaupun namanya Grammar School, tapi adalah sekolah yang masuknya mesti melalui Test/Seleksi yang ketat. Sehingga murid nya pun dikategorikan murid yang cerdas.

Persaingan untuk mendapatkan kursi di Grammar School sangatlah luar biasa ketat, dari 1000 pelamar yang ikut test, hanya 120 yang diterima. Sudah begitu, free of charge, lagi.

Bagaimana dengan sekolah non-Grammar, alias sekolah negeri biasa? Test nya nggak susah, bahkan ada yang nggak pakai test. Bisa langsung masuk, begitu kita pilih.

Nah, sekolah SMP/SMA yang bermutu lagi selain Grammar School adalah Independent School alias Private School.

Ini fully independent dan pastinya bayar, dan mahal lagi. Satu tahun bayarannya 12000 poundsterling. Padahal sekolahnya 6 tahun. Lulusannya pun cuma sekelas lulusan SMA di Indonesia.

Tapi, jangan salah, hampir seluruh lulusan Independent School diterima di Universitas Top di UK. Bahkan mereka juga mendapatkan Scholarship.

Nah, lulusan Universitas Top UK ini, begitu lulus, sudah bisa langsung kerja di Fortune 500 company di London.

Jadi, kalau mau anak-anak nya sukses, maka dari sekarang sudah disiapkan bekal pendidikan mereka.

Categories: My Story

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.