Persyaratan Untuk Bisa Bekerja di Inggris

Persyaratan yang harus ditempuh oleh seseorang yang ingin bekerja di Inggris ada bermacam. Tapi, perlu kita bagi dua berdasarkan nasionality nya alias passport yang dia miliki atau jika dia punya dua passport maka passpor mana yang akan dia gunakan untuk masuk dan bekerja di Inggris.

Sebagai negara yang tergabung dalam komunitas negara Eropa, maka jelas saja Inggris memberi kemudahan bagi penduduk yang berdomisili di negara-negara Persatuan Eropa dan termasuk juga bagi orang perorang yang tidak berdomisili di Eropa tetapi memegang Passport Eropa.

Bagi mereka-mereka tersebut, bisa dengan mudah masuk melalui pintu pelabuhan manasaja di Inggris tanpa harus ditanya macam-macam.

Ada lagi penduduk negara tertentu yang bisa masuk ke Inggris tanpa ditanyain macam-macam oleh petugas Immigrasi, dengan catatan hanya sebagai turis, yaitu negara yang tergabung dalam Anggota Bekas Jajahan Inggris alias Persemakmuran.

Contohnya Singapore, Malaysia, Brunei, Brazil,Chile, tapi hanya untul holiday saja alias Turis.

Negara lain yang penduduknya juga bebas masuk dalam kapasitas turis adalah USA, Canada, Japan.

Bebas masuk bukan berarti juga bebas bekerja. Lain itu. Kalau untuk bekerja, mereka tetap butuh yang namanya Visa Kerja alias Work Permit. Tapi sudah agak mudah lah, wong sudah masuk ke negaranya.

Nah, ada kelompok ketiga, yang masuk aja buat jadi Turis, sudah dipersulit, apalagi buat kerja.

Kelompok inilah yang tergabung kedalam apa yang mereka sebut sebagai Visa National.

Termasuk didalamnya adalah misalnya Bangladesh, India, Vietnam, Kamboja, China, dan … Indonesia.
Ibarat katanya, mau jalan-jalan dan buang duit ke Inggris saja sudah dipersusah, apatah lagi mau kerja.

Bicara soal ijin kerja, yang umumnya dipakai adalah Visa Kerja alias Work Permit. Ada juga yang khusus yaitu Visa type HSMP (Higly Skilled Migrant Programme).

Bedanya,Work Permit memerlukan sebuah perusahaan yang menjadi sponsor dalam pengurusan Visa. Sedangkan HSMP tidak membutuhkan perusahaan mana pun juga untuk menjadi sponsor kita, cukup diri kita sendiri dengan berbekal Ijazah S1 atau S2 atau S3 plus pendapatan dari bekerja setahun belakangan yang dianggap cukup memenuhi persyaratan.

Buat kita orang Indonesia, ngedapatin perusahaan Inggris yang bersedia menjadi sponsor kita sekaligus mengurusi Work Permit ke Imigrasi Inggris disini, adalah ibaratnya menunggu Godot. Lama. Walaupun bukan nggak ada. Tapi jarang, kecuali kita punya skill yang disini nggak ada. Kalau begitu kan lain ceritanya. Kalau memang punya skill, ngapain mengharapkan perusahaan Inggris jadi sponsor, mendingan ngurus sendiri saja lewat jalur HSMP.

Lha, terus gimana? Kalau memang niat nya keras mau ke Inggris tapi tak ada yang mensponsori gimana?

Susah memang.

Paling bisa pakai Student Visa, terus bekerja nyambi, dan setelah lulus boleh kerja di Inggris 1 tahun dulu. Habis itu boleh terus kalau mau.

Jadi, buat yang masih di Indonesia dan mau pergi ke Inggris untuk kerja, memang agak susah untuk mencari jalan masuk ke Inggris secara legal.

Menurut saya, satu-satunya jalan saat ini adalah menggunakan STUDENT VISA.

Sekarang anggaplah sudah sampai di Inggris, apa langkah pertama?

Kalau dapat Work Permit, yang berarti ada yang mensponsori, harusnya sudah ada orang HR yang siap membantu setiba di tempat tujuan.

Kalau datang sendiri dan belum dapat kerja, atau pelajar yang mau kerja sambilan, yang paling pertama dikerjakan adalah mendaftar di Job Center untuk mendapatkan National Insurance Number.

National Insurance Number (NINO)ini penting sekali ketika melamar kerja pertama kali, karena menentukan code pajak kita. Biasanya, perusahaan yang akan menerima kita akan meminta NINO kita. Kalau kita nggak punya, walaupun mereka bisa saja menguruskan, tapi akan lebih baik kita sudah punya dan siap sedia. Lagi pula ada juga perusahaan yang nggak mau repot.

Jadi, jika punya National Insurance Number, maka kita akan dengan mudah mendapatkan pekerjaan, tentu saja jika memang pas ada lowongan buat kita. Tapi nggak usah khawatir, lowongan banyak, asal nggak milih kerjaan.

Langkah selanjutnya adalah BANK ACCOUNT. Ini termasuk sulit, kecuali jika anda STUDENT yang bisa mendapatkan referensi dari UNIVERSITAS.

Karena, kalau mau buka Bank Account, diperlukan passport, utility bill yang menunjukan bahwa kita tinggal disuatu tempat. Nah ini yang susah, wong kita baru datang, masih tinggal di hotel atau numpang sama teman/saudara, mana punya kita tagihan listrik yang tertera nama kita, misalnya.

Cara yang paling mudah adalah memang menggunakan alamat sementara dimana kita tinggal, plus ada semacam jaminan dari Kampus atau Kantor kita bekerja. Biasanya dengan begitu BANK baru mengijinkan kita membuka Bank Account, itupun Bank Account yang paling Basic, dinamakan dengan BASIC BANK ACCOUNT, yang mana kita nggak bisa menggunakannya untuk berbelanja, kecuali untuk menarik uang dari ATM atau disini disebut CASH MACHINE.

Nanti setelah rekening berjalan 3 bulan, artinya anda kan sudah punya alamat tetap dengan nama anda pada rekening listrik/gas, maka berbekal dokument tersebut, anda bisa meminta Bank untuk menaikkan status rekening anda ke BANK ACCOUNT/CURRENT ACCOUNT. Dengan jenis ini, dimana anda diberikan kartu DEBIT CARD, maka bisa digunakan untuk berbelanja apa saja menggunakan kartu tersebut.

Bahkan pada saat anda upgrade tersebut, biasanya juga ditawari kartu kredit.

Satu hal lagi yang perlu dilakukan adalah mendaftarkan diri pada Credit Agency, yaitu sebuah badan independent yang menyimpan credit history seseorang. Hal ini biasanya digunakan oleh Bank/Lender, Mobile phone company, untuk meng-check status seseorang sebelum diberikan kredit ataupun diperbolehkan mendapatkan sambungan Telephone MObile berlangganan.

Ini juga diperlukan untuk menjaga identitas kita dari pencurian dan penyalahgunaan oleh penjahat.

Untuk itu kita perlu menghubungi Credit agency tersebut, di UK yang terbesar adalah Experian; http://www.experian.co.uk.

Jadi yang perlu dilakukan:

1. Mendapatkan VISA STUDENT atau WORK PERMIT
2. Sesampai di Inggris, mencari Flat/accomodation
3. Contact Utility Company
4. Ke Job center untuk mendapatkan National Insurance Number (NINO)
5. Nyari KERJA
6. Buka BANK ACCOUNT
7. Daftar di EXPERIAN

Advertisements

235 thoughts on “Persyaratan Untuk Bisa Bekerja di Inggris

  1. Sangat sukar ,memang prosesnya.
    Lebih mudah jika ada perusahaan sponsor dalam suatu negara tujuan, karena selain menjaminnya, perusahaan tersebut juga memberi pekerjaan untuk kita.
    Semudian juga perusahaan sponsor tersebut juga mau mengurusnya segala kebutuhan yang dibutuhkan untuk proses pembuatan visa kerja kita pada kantor imigrasi negara tujuan kita.
    Tinggal kita mempersiapkan segala kebutuhan document yang diperlukan untuk proses visa kerja kita yang kita kirim pada ketempat alamat perusahaan sponsor.
    Kemudian perusahaan sponsor meneruskannya ke kantor imigrasi.
    Setelah itu kita cukup duduk manis dan menunggu pemberitahuan visa kerja kita sudah ready dan…… Siap berangkat

    Like

  2. Halo kawan-kawan, saya Agus Indonesia. Saya di sini untuk berkongsi beberapa maklumat penting tentang bagaimana untuk mendapatkan pinjaman daripada organisasi pinjaman islamic, saya tidak percaya bahawa saya boleh mendapatkan pinjaman dari mana-mana pemberi pinjaman dalam talian atau internet kerana saya sentiasa fikir mereka semua penipuan. Tetapi cerita ini berubah dua minggu lalu apabila rakan memberitahu saya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman perniagaan daripada mereka. Walaupun saya merasa sukar untuk percaya, tetapi saya memberitahu diri saya terpaksa mengambil risiko kerana saya serius memerlukan pinjaman. Saya telah mendaftar untuk pinjaman sebanyak $ 70,000 USD. Saya menghubungi mereka di Itali. Yang mengejutkan saya, pinjaman saya telah diluluskan dan saya menerima pinjaman selepas 3 hari. Satu perkara yang saya suka tentang mereka adalah bahawa semua pinjaman mereka adalah sangat mudah untuk memproses dan jelas. Tiada kos tersembunyi. Tidak ada jaminan yang diperlukan daripada saya kerana saya memfailkan pinjaman tanpa jaminan. Mereka mempunyai takut akan Tuhan Yang Maha Kuasa. Saya akan menasihati sesiapa sahaja yang memerlukan pinjaman untuk menghubungi mereka dengan segera melalui e-mel (frb228813@gmail.com) dan salah satu kakitangan mereka akan segera bertindak balas kepada anda. Sila berkongsi maklumat ini dengan saudara-saudara Islam yang kuat, mereka akan mengetahui bahawa organisasi wujud dan mendapatkan pinjaman dari them.May maha kuasa Allah memberkati tahun baru ini untuk kita.

    Like

  3. MAS…ISTRI SAYA DAPAT BEASISWA DARI KAMPUS INGGRIS DI LONDON, KALAU SAYA DAN ANAK-ANAK INGIN IKUT KESANA BISA GAK SAYA NEMPEL PEMBUATAN VISANYA DENGAN ISTRI, KARENA SELAGI ISTRI SAYA KULIAH, SAYA INGIN CARI KERJA DI SANA. KEBETULAN ISTRI SAYA PUNYA SAUDARA YANG BUKA SALON DI LONDON, KALAU SALON SAUDARA ISTRI SAYA YANG JADI SPONSOR SAYA UNTUK MENDAPATKAN WORK PERMIT BISA TIDAK?…..TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA

    Like

  4. ASSALAMU’ALAIKUM
    Permisi Kepada Admin Dan Teman Yang On’line di Blog ini Sedikit Saya Ingin Berbagi Cerita Tentang Kisah Sukses Saya Jadi TKI Kontrak di Jepang berkat bantuan bpk drs HERMONO beliau selaku sekertaris utama di kantor BNP2TKI pusat no hp dinas beliau 0852-1391-3921.

    Perkenalkan Nama Saya ridwan topik Budiman Asal Dari Samarinda (Kal-tim). Disini saya akan bercerita kisah sukses yang menjadi kenyataan mimpi saya. KEGIATAN SEBELUM MENGIKUTI PROGRAM Seperti para pemuda umumnya dan dengan kondisi ekonomi orang tua saya yang pas-pasan saya ikut merasa prihatin dan menghendaki adanya perubahan ekonomi dalam keluarga saya. Saya lahir di salah satu kampung terpencil di kota Samarinda (kal-tim), dimana struktur tanah tempat kelahiran saya adalah pinggir laut dengan mata pencaharian masyarakat sekitar bagang dan empang , Pengorbanan keluarga yang selama mendidik membina dan membiayai hidup saya selama ini tak cukup hanya sekedar saya mengikuti jejak orang tua saya menjadi seorang nelayan, saya harus membuktikan kepada keluarga untuk menjadi yang terbaik, tetapi dimana dan bagaimana? Sisi lain saya tau saya hanya lulusan SLTA sedangkan lowongan pekerjaan hanya diperuntukan bagi lulusan Diploma dan Strata 1, Pada pertengahan tahun 2015 saya bertemu dengan seorang teman lama mantan TKI di jepang pertemuan saya di Jalan muara badak SAMARINDA kal-tim, Dia memperkenalkan saya dengan salah satu pejabat BNP2TKI PUSAT yang pernah membantu dia sewaktu di jakarta, Beliau adalah sekertaris utama di kantor BNP2TKI pusat jakarta, atas nama bpk DRS HERMONO, Alamat kantor beliau Jalan MT Haryono Kav 52, Pancoran, Jakarta Selatan 12770 kantor BNP2TKI pusat, Dan Teman Saya Memberikan No Kontak Hp Bpk Hermono di Nomor 0852-13913921, dan saya mencoba menghubungi tepat jam 5 sore, singkat cerita sayapun menyampaikan maksud tujuan saya, bahwa sudah lama saya mengimpikan bisa bekerja di japang. Beliau’pun menyampaikan siap membantu dengan bisa meluluskan dengan beberapa prosedur , saya rasa prosedur itu tidak terlalu membebani saya. Dari sinilah saya menyetujui nya, yang sangat membuat Aku bersyukur adalah bahwa saya diminta melengkapi berkas untuk saya kirim ke akun email beliau dan sayapun disuruh menyiapkan biaya pengurusan murni sebesar Rp. 22.000.000. Inilah puncak kebahagiaan saya yang akhirnya bisa menginjakkan kaki di negeri sakura japang. Akhirnya saya mendapat panggilan untuk ke jakarta untuk dibinah selama 2 minggu lamanya, saya hanya diajarkan DASAR berbahasa japang. Makna yang terkandung didalamnya sangat luar biasa dirasakan oleh saya, tanggung jawab, disiplin, berani dan sebagainya merubah total karakter saya yang dulu cengeng dan kekanak-kanakan, walau kadangkala saya masih belum begitu yakin apakah saya bisa berangkat Ke Jepang dengan baik, akhirnya saya mendapat Contrak kerja selama 3 tahun lamanya di bidang industri. Rasa pasrah dan khawatir menghinggapi saya saat itu, seorang anak kampung berangkat ke Jepang dengan menggunakan pesawat terbang yang sebelum belum pernah saya rasakan sebelumnya. Jangankan naik di atas pesawat melihat dari dekat’pun saya belum pernah sama sekali, Di Bandara Soekarno Hatta kami di temani oleh petugas Depnakertrans dan IMM Japan untuk melepas keberangkatan kami, rasa haru dan air mata sedih berlinang di pipih saya pada saat di izinkan prtugas untuk pamit kepada keluarga yang kebetulan saya diantar oleh paman saya, kami saling berpelukan dan mohon salam dan restu dari orang tua dan keluarga. MASA MENGIKUTI PROGRAM KEBERANGKATAN DI JEPANG Setibanya di NARITA AIRPORT Jepang, kami di jemput oleh petugas IMM Japan yang ada di sana, dan kami diantar ke Training Centre Yatsuka Saitama-ken untuk mengikuti pembekalan sebelum di lepas ke perusahaan penerima magang di Jepang. jika anda ingin seperti saya anda bisa mencoba untuk menberani’kan diri menhubungi Bpk SEKERTARIS UTAMA BNP2TKI, BPK DRS HERMONO. Ini No TLP/HP Beliau: 0852-1391-3921 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan. TERIMA KASIH

    Like

  5. pak doni selamat siang, maaf mengganggu. pak saya mau nanya sama seperti pertanyaan2 diatas soal kerja di inggris. begini saya sudah 3x email baik kirim cv, terus mengisi pertanyaan inerview dan terakhir mendapat kontrak kerja, selanjutnya saya disuruh menghubungi agent untuk pengurusan visa atau work permit. banyak yang bilang biayanya mahal? saya gak ada dana? apakah ada kemungkinan potong gaji oleh perusahaan asal mereka yang urus semua dan kita tau beres gitu pak. ini email ke 4 yang saya dapat setelah beberapa kali email
    kira-kira ini benar atau penipuan ya pak?
    Header Lengkap Tampilan Cetak

    Attn: AGUSTINUS DWIAN INDRIYATNO,

    We hereby officially acknowledge that we have received your signed contract acceptance form and hereby direct that you immediately commence and complete your documentation processing for your UK work permit and immigration documentation eligibility as soon as possible upon your receipt of this email as a sign of seriousness and commitment from your end to resume duty with us on the stipulated date.

    In accordance with our corporate security and documentation authentication policy and due to inconveniences and complaints of delays in UK Work permit and documentation processing raised by most of our foreign employees resulting to frustrations and time wasting, we have therefore consulted the services of a highly reputable and accredited immigrant agency in UK which is known as UKIA to guide and assist our foreign employees on their documentation processing in line with the UK Immigration policy and labour laws.

    UNITED KINGDOM IMMIGRANT AGENCY (UKIA) is the sole agency approved and recommended by Repsol Sinopec Resources UK Limited to handle all the legal immigrant documentation / UK Work permit processes on behalf of all our foreign employees which are non-resident within the UK.

    UKIA will assist and guide you regarding your UK Work permit processing and acquisition directly from the UK Border Agency in UK in accordance with the resolution of the British Immigrant Security and Anti-Terror Laws.

    You shall direct all your UK work permit and documentation related inquiries to the UKIA for any clarification which you may deem necessary and they will also give you all needed information to make your entire documentation processes stress free and time saving.

    After your processing and procurement of the relevant documents, the UKIA will deliver to you via the DHL services a shipment package containing original copies of your legal immigrant documents /work permits paper along with hard copy of your Job Contract Letter duly signed and sealed on the Employers’ official company letter headed paper confirming and certifying your job contract and employee entry eligibility which is a pre-requisite for VISA issuance/stamping by the British Government.

    All non-UK resident employees must complete their UK Work permit formalities within the shortest possible time-frame and notify same to Repsol Sinopec Resources UK Limited via Email for reimbursement of any incurred expenses, timely accommodation arrangement, relocation and flight booking plan.

    Your flight booking plan and movement schedule shall also be arranged by Repsol Sinopec Resources UK Limited as soon as you have concluded the necessary paper works formalities with the UKIA.

    Thereafter, you will be required to forward copies of your duly processed legal immigrant permits documents after due processing by the UKIA for official filling and detailing while other financial related documents such as your proof of incurred expenses, invoices/receipts etc are also to be forwarded for records, detailing and reimbursement purposes.

    As soon as you have completed your UK Work permit processing formalities, you would then be officially entitled and qualified to receive your initial financial employment benefits, emoluments, relocation expenses as inscribed in your employment letter as such your initial employment financial benefits shall be paid to you in your location prior to your departure for resumption of duty to enable your timely preparation and settlement of domestic necessities prior to your arrival to the UK.

    To obtain your UK Work permit paper /VISA processing and all relevant documentation, you are hereby directed to contact the UKIA through:

    The Head Of Immigrant Operations (UKIA)

    Contact E-Mail: ukia_workpermit@mail2uk.com

    Tel: +447924514425
    Fax:+447024021704

    You are to conclude all your necessary paper works/immigrant documentation processing formalities with UKIA within the mentioned timeline to enable us make timely arrangement for your relocation, mobilization and flight booking schedule.

    Please always keep us updated along your processes with the UKIA for detailing and liaison purposes.

    Your timely correspondence is awaited for confirmation of your dedication and commitment to take up this job contract.

    Sincerely,

    Bill Dunnett

    Tel: +447-4520-25911
    Fax: +447-6785-90456

    Repsol Sinopec Resources UK Limited, incorporated in England and Wales (company number 825828) having its registered office at 20-22 Bedford Row, London WC1R 4JS

    Like

  6. Salam kenal Pak Donny

    Perkenalkan saya Michael Alvado, Software Developer di Bank Swasta
    Saya sangat berminat untuk bekerja di Inggris. Apakah masih sama persyaratannya sampai sekarang?

    Kalau misalnya harus buat visa ada rekomendasi agen yg bagus untuk buat visa?

    Siapa tahu pak Donny bisa kasih rekomendasi saya

    Terima kasih

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.