Persyaratan Untuk Bisa Bekerja di Inggris

Persyaratan yang harus ditempuh oleh seseorang yang ingin bekerja di Inggris ada bermacam. Tapi, perlu kita bagi dua berdasarkan nasionality nya alias passport yang dia miliki atau jika dia punya dua passport maka passpor mana yang akan dia gunakan untuk masuk dan bekerja di Inggris.

Sebagai negara yang tergabung dalam komunitas negara Eropa, maka jelas saja Inggris memberi kemudahan bagi penduduk yang berdomisili di negara-negara Persatuan Eropa dan termasuk juga bagi orang perorang yang tidak berdomisili di Eropa tetapi memegang Passport Eropa.

Bagi mereka-mereka tersebut, bisa dengan mudah masuk melalui pintu pelabuhan manasaja di Inggris tanpa harus ditanya macam-macam.

Ada lagi penduduk negara tertentu yang bisa masuk ke Inggris tanpa ditanyain macam-macam oleh petugas Immigrasi, dengan catatan hanya sebagai turis, yaitu negara yang tergabung dalam Anggota Bekas Jajahan Inggris alias Persemakmuran.

Contohnya Singapore, Malaysia, Brunei, Brazil,Chile, tapi hanya untul holiday saja alias Turis.

Negara lain yang penduduknya juga bebas masuk dalam kapasitas turis adalah USA, Canada, Japan.

Bebas masuk bukan berarti juga bebas bekerja. Lain itu. Kalau untuk bekerja, mereka tetap butuh yang namanya Visa Kerja alias Work Permit. Tapi sudah agak mudah lah, wong sudah masuk ke negaranya.

Nah, ada kelompok ketiga, yang masuk aja buat jadi Turis, sudah dipersulit, apalagi buat kerja.

Kelompok inilah yang tergabung kedalam apa yang mereka sebut sebagai Visa National.

Termasuk didalamnya adalah misalnya Bangladesh, India, Vietnam, Kamboja, China, dan … Indonesia.
Ibarat katanya, mau jalan-jalan dan buang duit ke Inggris saja sudah dipersusah, apatah lagi mau kerja.

Bicara soal ijin kerja, yang umumnya dipakai adalah Visa Kerja alias Work Permit. Ada juga yang khusus yaitu Visa type HSMP (Higly Skilled Migrant Programme).

Bedanya,Work Permit memerlukan sebuah perusahaan yang menjadi sponsor dalam pengurusan Visa. Sedangkan HSMP tidak membutuhkan perusahaan mana pun juga untuk menjadi sponsor kita, cukup diri kita sendiri dengan berbekal Ijazah S1 atau S2 atau S3 plus pendapatan dari bekerja setahun belakangan yang dianggap cukup memenuhi persyaratan.

Buat kita orang Indonesia, ngedapatin perusahaan Inggris yang bersedia menjadi sponsor kita sekaligus mengurusi Work Permit ke Imigrasi Inggris disini, adalah ibaratnya menunggu Godot. Lama. Walaupun bukan nggak ada. Tapi jarang, kecuali kita punya skill yang disini nggak ada. Kalau begitu kan lain ceritanya. Kalau memang punya skill, ngapain mengharapkan perusahaan Inggris jadi sponsor, mendingan ngurus sendiri saja lewat jalur HSMP.

Lha, terus gimana? Kalau memang niat nya keras mau ke Inggris tapi tak ada yang mensponsori gimana?

Susah memang.

Paling bisa pakai Student Visa, terus bekerja nyambi, dan setelah lulus boleh kerja di Inggris 1 tahun dulu. Habis itu boleh terus kalau mau.

Jadi, buat yang masih di Indonesia dan mau pergi ke Inggris untuk kerja, memang agak susah untuk mencari jalan masuk ke Inggris secara legal.

Menurut saya, satu-satunya jalan saat ini adalah menggunakan STUDENT VISA.

Sekarang anggaplah sudah sampai di Inggris, apa langkah pertama?

Kalau dapat Work Permit, yang berarti ada yang mensponsori, harusnya sudah ada orang HR yang siap membantu setiba di tempat tujuan.

Kalau datang sendiri dan belum dapat kerja, atau pelajar yang mau kerja sambilan, yang paling pertama dikerjakan adalah mendaftar di Job Center untuk mendapatkan National Insurance Number.

National Insurance Number (NINO)ini penting sekali ketika melamar kerja pertama kali, karena menentukan code pajak kita. Biasanya, perusahaan yang akan menerima kita akan meminta NINO kita. Kalau kita nggak punya, walaupun mereka bisa saja menguruskan, tapi akan lebih baik kita sudah punya dan siap sedia. Lagi pula ada juga perusahaan yang nggak mau repot.

Jadi, jika punya National Insurance Number, maka kita akan dengan mudah mendapatkan pekerjaan, tentu saja jika memang pas ada lowongan buat kita. Tapi nggak usah khawatir, lowongan banyak, asal nggak milih kerjaan.

Langkah selanjutnya adalah BANK ACCOUNT. Ini termasuk sulit, kecuali jika anda STUDENT yang bisa mendapatkan referensi dari UNIVERSITAS.

Karena, kalau mau buka Bank Account, diperlukan passport, utility bill yang menunjukan bahwa kita tinggal disuatu tempat. Nah ini yang susah, wong kita baru datang, masih tinggal di hotel atau numpang sama teman/saudara, mana punya kita tagihan listrik yang tertera nama kita, misalnya.

Cara yang paling mudah adalah memang menggunakan alamat sementara dimana kita tinggal, plus ada semacam jaminan dari Kampus atau Kantor kita bekerja. Biasanya dengan begitu BANK baru mengijinkan kita membuka Bank Account, itupun Bank Account yang paling Basic, dinamakan dengan BASIC BANK ACCOUNT, yang mana kita nggak bisa menggunakannya untuk berbelanja, kecuali untuk menarik uang dari ATM atau disini disebut CASH MACHINE.

Nanti setelah rekening berjalan 3 bulan, artinya anda kan sudah punya alamat tetap dengan nama anda pada rekening listrik/gas, maka berbekal dokument tersebut, anda bisa meminta Bank untuk menaikkan status rekening anda ke BANK ACCOUNT/CURRENT ACCOUNT. Dengan jenis ini, dimana anda diberikan kartu DEBIT CARD, maka bisa digunakan untuk berbelanja apa saja menggunakan kartu tersebut.

Bahkan pada saat anda upgrade tersebut, biasanya juga ditawari kartu kredit.

Satu hal lagi yang perlu dilakukan adalah mendaftarkan diri pada Credit Agency, yaitu sebuah badan independent yang menyimpan credit history seseorang. Hal ini biasanya digunakan oleh Bank/Lender, Mobile phone company, untuk meng-check status seseorang sebelum diberikan kredit ataupun diperbolehkan mendapatkan sambungan Telephone MObile berlangganan.

Ini juga diperlukan untuk menjaga identitas kita dari pencurian dan penyalahgunaan oleh penjahat.

Untuk itu kita perlu menghubungi Credit agency tersebut, di UK yang terbesar adalah Experian; http://www.experian.co.uk.

Jadi yang perlu dilakukan:

1. Mendapatkan VISA STUDENT atau WORK PERMIT
2. Sesampai di Inggris, mencari Flat/accomodation
3. Contact Utility Company
4. Ke Job center untuk mendapatkan National Insurance Number (NINO)
5. Nyari KERJA
6. Buka BANK ACCOUNT
7. Daftar di EXPERIAN

Advertisements

234 Replies to “Persyaratan Untuk Bisa Bekerja di Inggris”

  1. Dear Mas Dony,

    Kalo untuk dapat student visa tapi saya ga kuliah disana dan hanya untuk bisa kerja sambilan disana sambil cari kerja kantoran gimana ya? bisa ga?

    Thanks
    Vitri

    Like

    1. Hallo mas Don, ada yang mau saya tanyakan nih ”

      Saya adaRencana mau kerja dan sponsor sudah ada tapi perusahaan tdk menagggung biaya pembuatan work permit dan katanya agency yang ngurus di Immigrasi dn biaya ditanggung sendiri dn biayanya ckup besar 260 poundsterling dn biaya ticket dan visa ditnggung prusahaan sya ragu klw saya hrs transfer uang utk biaya work permit ke agency takutnya penipuan dn gmana menurut maDonny Trimakasih

      Like

      1. pertanyaan saya sama dengan mochamad Effendy saya punya sponsor di ingris dan perusahaan tidak menanggung pembuatan working permit dan harus agency yang urus biaya ditanggung sendiri dengan biaya 700pound untuk contract 2 tahun. ticket ditanggung perusahaan beserta acomodasi. saya juga ragu kalau harus mentransfer uang lewat western union takut penipuan. mohon jawaban secepatnya. terimakasih

        Like

      2. saya juga sama dengan mochamad effendi.. gimana nih pendapatnya tentang masalah ini??

        Like

      3. Pak effendy saya juga mengalami hal yg sama saya disuruh transfer sendiri utk ngurus clearance paper di UKBA tapi sy disuruh transfer nya ke legal dept hess, jumlah transfer lmyn 750, saya takut ini penipuan..boleh ga saya mnt no contact atau email bpk?

        Like

      4. Pak effendy saya juga mengalami hal yg sama saya disuruh transfer sendiri utk ngurus clearance paper di UKBA tapi sy disuruh transfer nya ke legal dept hess, jumlah transfer lmyn 750 gbp, saya takut ini penipuan..boleh ga saya mnt no contact atau email bpk?

        Like

    2. Hallo mas Don, ada yang mau saya tanyakan nih ”

      Saya ada Rencana mau kerja di inggris dan sponsor sudah ada tapi perusahaan tdk menagggung biaya pembuatan work permit dan katanya agency yang ngurus di Immigrasi dn biaya ditanggung sendiri dn biayanya ckup besar 260 poundsterling dn biaya ticket dan visa ditnggung prusahaan sya ragu klw saya hrs transfer uang utk biaya work permit ke agency takutnya penipuan dn gmana menurut pak Donny Trimakasih

      Like

      1. waaahh sama ni mas saya juga diminta transfer gitu,,, jadi ragu

        minta solusinya dong mas

        Like

  2. Vitri,

    Untuk ngedapetin Student Visa, paling tidak kan kamu mesti punya Letter of Enroment atau juga Offer Letter, yang artinya mesti daftar juga kan?

    Jadi, kaya’nya mesti daftar dulu, setelah itu baru bisa ngurus Visa, nah sampai disini mau kuliah apa kerja ya silahkan saja.

    don

    Like

    1. Mas donny,saya bsk brgkt ke manchester uintuk menemani suami sekolah disana.saya sgt ingin bekerja disana,tp saya tdk bs berbhasa inggris.apakah org spt saya tdk mngkn bs mendapatkan pekerjaan disana?mhn pencerahannya mas donny

      Like

    2. Mas don sy mau nanya ni sy ada tawaran dari org UK langsung ni bekerja home industri tp dia gak mau kasih visa.dan dia bilang kita harus bayar sendiri visanya sebesar Ā£ 500 pound gimana tuh mas

      Like

    3. pak dony saya mau tanya. skarang saya baru klas 2 sma, setelah lulus sma, pasti lah saya kerja dulu d indonesia buat ngumpulin uang nya he:) trus saya mau kerja sambil kuliah gimana bisa ga ya? soal nya saya kerja dulu d indonesia

      Like

  3. halo,mas donny!salam kenal…wah,blognya sgt informatif skali…saya pengen bgt ber-imigrasi ke inggris,krn kyknya keadaan di indonesia makin lama makin kacau.saya skg ini br lulus dr feui.sblmnya prnh jg magang en bantu2 penelitian dosen.kira2 ada peluang gak ya utk bs cari kerja di inggris trus reside ke sana?trus gmn caranya?i completely have no clue…thx bgt sblmnya… šŸ™‚

    Like

  4. Intan,

    Selamat ya baru lulus FEUI, hebat dong. Kalau bicara soal nyari kerja ke Inggris, satu hal yang selalu memberatkan kita orang Indonesia, adalah masalah Visa Kerja (Work Permit).

    Itu ibarat telur sama ayam. Kalau mau dapat kerja, mesti punya work permit. Kalau mau ngurus Work Permit, mesti ada kerja alias perusahaan yang mau jadi sponsor.

    Susah memang.

    Saya sendiri kalau ditanya seperti itu, ya nggak bisa jawab juga.

    Saat ini, menurut saya, satu-satunya jalan adalah melewati jalur STUDENT VISA.

    Mahal memang. Kecuali bea siswa, itu pun mesti pulang ke Indo selesai kuliah.

    Jalur lain, kerja dulu di Indonesia, ngumpulin duit plus nambah CV, baru bisa ke Inggris, baik dalam kapasitas Pelajar maupun Pekerja.

    Like

  5. thx atas replynya ya,mas donny.iya,stlh aku bc2 blognya mas donny dgn seksama tnyt ribet ya.tp kok kl imigran2 dr bangsa lain (misal:india,turki,dll) kyknya gampang2 aja ya?apa krn qta org indonesia prosesnya jd lbh sulit dbandingin mrk ya,mas?

    Like

  6. Intan,

    Kalau masalah Visa kerja, saya rasa memang diberi aturan ketat bukan saja untuk orang kita, tapi juga dari negara mana saja.

    Tapi, untuk jadi turis, negara-negara anggota Persemakmuran, biasanya nggak perlu Visa.

    Kalau kita baca di forum tenaga kerja disini, banyak juga Student dari US yang baru lulus dan mau kerja, sulit juga dapat Visa nya.

    Prinsipnya, saya pikir, kalau kita punya skill yang dibutuhkan, Visa Kerja nya pasti gampang dapat nya, nggak peduli warna kulit kita maupun passport kita.

    Kalau boleh saya saranakn buat Intan, kalau bisa, ambil MBA di Inggris, yang jika lulus, langsung diberi Visa HSMP selama 2 tahun.

    MBA nya memang terbatas di beberapa Universitas tertentu yang diakui.

    Tapi, mungkin pantas dicoba kalau berminta, mumpung masih muda, dan masih bebas mengejar impian.

    Like

  7. Hi mas donny,
    Saya lulusan D3 jepang Unpad dan sekarang bekerja di jepang selama 3 tahun sebagai trainee dan november nanti saya kembali ke RI.Kebetulan partner saya sekarang seorang warga negara inggris dan dia ingin secepatnya saya bisa ke UK.Orang tuanya sudah mengijinkan saya untuk tinggal di rumah mereka.Saya sendiri pengennya sih sekalian buat kerja di UK juga.Mohon saran dan bantuannya ya mas,thanks.

    – PrimaSilva-

    Like

  8. Selamat siang pak Doni,
    Salam kenal

    Saya Rinto B, alumni Teknik Lingkungan Trisakti, saat ini saya bekerja di Tangguh LNG Project di Papua barat, tapi saya hanya bekerja di sub kon nya saja. posisi saya di Perusahaan ini (Penta Ocean Construction) adalah sebagai Environmental Engineer. Setelah Membaca berita-berita pak Doni ttg UK, Satu Hal yang dapat saya Banggakan terhadap pak Doni adalah bapak sangat Luar Biasa.. Benar-benar luar biasa bagi seorang yang kecil seperti saya ini. Pasti 80% dari yang membaca BLOG bapak ini akan sangat tertarik untuk mencoba peruntungan kerja atau pun melanjutkan sekolah lagi ke UK. Termasuk saya sendiri. Sebelumnya sedikit banyak saya tahu bahwa biaya hidup di UK terhitung lebih tinggi dibanding kawasan eropa lainnya.

    Namun melihat bapak, semangat saya terpacu untuk suatu masa nanti bekerja di UK juga. yang ingin saya tanyakan adalah berapa biaya yang kita butuhkan untuk mencoba hidup disana? trik saya mungkin lebih ke melanjutkan sekolah terlebih dahulu baru kemudian mencari kerja. MBA di univ. apa yang paling murah?

    semoga saja suatu masa nanti saya memiliki kesempatan untuk UK. pengalaman kerja saya juga masih sangat hijau sekali alias masih sangat baru di TAngguh Project ini (1 tahun lebih).

    Salam Hangat,

    Rinto B

    Like

  9. Mas Rinto,

    Saya termasuk yang percaya bahwa kita harus punya mimpi. Itulah yang membuat hidup kita lebih berwarna dari hari ke hari. Ada yang kita kejar. Tentu saja, bagi yang beragama Islam, persiapan hari akhirat juga diperlukan.

    Pasti ada yang bilang agar mimpinya nggak jauh-jauh, nggak muluk-muluk.

    Kalau Saya, mimpi lah semuluk-muluk nya. Mimpi adalah ibaratnya kumpulan ide.

    Biarin nggak tercapai seleuruhnya. Paling tidak tercapai separohnya, atau seperempatnya, itu sudah sangat menyenangkan, bukan.

    Kalau Mas Rinto ingin kuliah atau kerja di UK, pupuk terus keinginan itu, Insya Allah akan ada jalannya.

    Like

  10. Prima,

    Untuk bisa memasuki Inggris, paling tidak butuh Visa kan. Nah, kalau mau kuliah, maka bisa saja partner Prima dan orang tuanya disana menjadi sponsor untuk kedatangan dan kuliah anda.

    Mereka bisa saja langsung ngurusin kuliah Prima di salahsatu Univeristas di Inggris, kemudian setelah dapat suratnya, mereka bisa kirim via post atau Email ke Prima. nah nanti berbekal dokumen pendukung seperti sponsorhip letter, financial statement dari keluarga nya, maka Visa Student bisa di urus.

    Sesampai disana, Prima bisa kerja sambil kuliah.

    Like

  11. mas saya lulusan sarjana I.T di indonesia umur 24
    aq mo kuliah di U.K s1 I.T disana tapi bahasa and keuangan kurang memadai
    saya pingin kuliah sambil kerja disana gmn caranya.trims

    Like

  12. Salam Kenal,
    Saya sangat terkesan dengan info info dari Mas Donny,kalau boleh tahu info jika bekerja di restaurant fast food,restaurant buffet ,laundry,warehouse ,bisa dapat salary berapa?, dan apakah live in jika bekerja di restaurant tersebut..,sebelumnya terima kasih buanyak…

    Like

  13. Mas Dony thx for your story, informatif bgt:). Jd pengen kerja ke UK, hbs ke USA 2 kali ditolak, give up d. Kl ke UK pake visa student, skrg uda 26 y.o, smu aza, masa’ baru mau ke UL buat kuliah, apa ga buat officernya mikir, aneh2, hiks3. Thx atas infonya. Saya sama dgn Yoyo, mau ke UK ya kerja gituan, maunya pake visa turis trs tanpa ulang indo bisa ganti visa, tp setelah baca penjelasan om rasanya kudu balik indo. Dptkan visa turis UK n Schengen counry mkn ga gitu susah, cua pernah jjs di Asia, ya Asia doang seh, tp cukup banyak negara, he3. Ok mas, saya tunggu infonya, keep up d gud work there.God bless

    Like

  14. Yoyo & Pepi,

    Kebanyakan pekerjaan yang tersedia adalah di Tesco (sejenis Hero atau Carrefour), Restorant, dan sejnis nya.

    Gaji minimum adalah 5.5 pound per jam. banyak juga mahasiswa yang kerja di sana, bisa kok buat biaya hidup plus nambahin biaya kuliah.

    Kalau mau coba sebagai visa turis bisa juga, cuma resiko nya kalau visa habis, gimana? ada dua pilihan memang, pulang atau tetap disini menjadi illegal.

    Like

  15. Mas, tanya lg neh,sorry. Pendapat mas ttg org2 illegal di sana gmn? Sejauh pengalaman slama ini, apa org Indo banyak ya yg illegal? Uihhh 1pound = Rp 19.000, he3 banyak y:), tp ya biaya hidup di sana jg gede, he3. Temen saya ajak ke London, saya takut, kl illegal di Amrik mending, tp kl di London, saya blm pernah denger, so mas pls critain di sini ya, be honest, baek buruknya gmn, again million thx.

    Like

  16. hello mas dony…..
    salam kenal namaku tulus mahasiswa D3 bahasa jepang di UNDIP.
    salam kenal dan semangat ya mas….!!!!

    Like

  17. Hi Pepi,

    Sorry baru balas ya.

    Jadi illegal di London, agak berat memang. Soalnya nanti pada saat nyari kerja, nah disitu ditekan soal gaji. jadi, posisinya nggak kuat.

    Lain halnya, kalau bekerja smaa orang Indonesia, jadi lain ceritanya. Dan itu ada memang.

    Gimana, mau coba? Resikonya yaa dipulangkan.

    Like

  18. Hi Maz Doni,…. salam kenal Maz Don,….. Aku lagi nyari info2 ttg kerja di inggris & ga sengaja aku buka websitenya Maz Donie,…. info yg Maz Donie muat di website ini benar2 ngebantu saya banget. saya juga berminat sekali untuk dapat bekerja di Inggris lagi. Tapi susah banget untuk ngedapetin perusahaan yg mau bknin kta wp,….. šŸ˜¦ aku jg smpt berpikiran utk mencoba pakai VISA Student tp,….. muahaaalllllll,….. Kira2 Maz Doni ada info ttg kampus yg murah ga biaya kulnya,……Saya tunggu kabarnya y,… Terima Kasih sebelumnya.

    Melda

    Like

    1. Mas Donny,
      Sy Corry.
      Sy juga sama seperti Melda, dan sy sudah coba search link sekolah yg Mas Donny kasih http://www.londoncollegewimbledon.co.uk
      Apakah sy perlu IELTS segala lagi atau apapun?
      Agak serem2 juga ambil resiko. Sy pengen banget kuliah sambil kerja di UK.
      Soalnya kalau pake jalur beasiswa itu sangatlah terbatas, secara banyak org yg incarin juga.
      Kira-2 modal awal yg perlu sy siapkan itu berapa ya Mas?

      Mohon bantuan informasinya Mas Donny.
      Email sy coconut_tree777@yahoo.com

      Like

    2. Selamat siang Mas Donny, salam kenal, saya endah…
      saya sangat terkesan bgt dg informasinya, terima kasih. Saya mau tanya ttg kampus murah dilondon, klo boleh tau berkisar berapa ya biaya untuk kuliah disana? terima kasih banyak ya mas Donny

      Like

  19. Maz Donie,…. makasih buat responnya yg super cepat,… Aku baca comment2 yg sblmnya, mungkinkah bg sy tuk cb apply visa student ? Umur sy dah 26 taon n sbnrnya sy sich mo kerja di inggris berhubung sulit banget mknya sy berpikiran buat cb pake visa student. Malahan sy tdnya niat buat jd ilegal tp ga jadi soalnya tkt ketauan trus nanti diblack list lg.makasih

    Melda

    Like

  20. Abis aku bingung mo pake cara apa lagi buat bisa kerja disana. Y,…. itung2 sekalian nambah ilmu [ itu jg kalo biaya kuliahnya ga terlalu mahal] šŸ˜¦ Gmn Maz donie ada saran mungkin,…

    Like

  21. Hi Mas Dony, sorry bugging u again. Mas, kisah pepi kurang lbh sama dgn melda. Umur uda mau 26, tp saya cuma smu, trs mau ke london buat study apa officernya nanti ga berpikir terlalu mengada2? ntar malah dicurigai mau disalah gunakan, ya kul sambil kerja gitu mauinya, mau perbaiki nasib neh. Kemarin saya coba tanya2 u/ study, lewat EF, homestay, awwww tebak harganya brp? Rp 140 jt, weks, ga kuku, tunggu lebaran monyet kali ya….Mas, would u mind to email me at ekajasa2002@yahoo.com,thx

    Like

  22. Mas Donny, websitenya sangat informatif sekali. Saya memang lagi browsing-2 untuk cari informasi tentang kuliah dan kerja di Inggris dan ketemu dengan website mas. Insya Allah mas, tahun depan saya mau ke Inggris untuk kuliah dan kalau mungkin sambil kerja, saya butuh informasi apakah susah bagi visa student untuk mencari kerja di sana? Dan kalau boleh tahu bagaimana caranya dengan visa student kita bisa kerja? Mohon bantuan informasi sebanyak-banyaknya ya mas. Email saya di thalula.id@gmail.com. Terima kasih banyak dan selamat berpuasa.

    Like

  23. @Pepi,

    Kalau mau kuliah di UK, walaupun sudah 26 tahun nggak masalah kok.

    Kalau mau coba ambil S1 di london college wimbledon juga bisa dan murah lagi. Banyak juga mahasiswanya dari malaysia.

    @Ida

    Kalau sudah punya Visa Student, nyari kerja disini sih gampang aja. Yang penting, kamu mesti daftar dulu di Job center, buat ngedapeting National Insurance Number, tapi biasanya di kampus banyak informasi seperti ini.

    Like

    1. Mas Donny,
      Lagi sibuk ya, tanya dong mas, sekitar brp biaya kuliah 1 tahun di kampus murah London College Wimbledon itu mas, mohon infonya donk mas, saya sangat membutuhkan sekali.. terima kasih banyak ya

      Like

  24. lam kenal…
    mas donny, saya lg nunggu sidang niy, mau nanya dong, fakultas psikologi buat s2 yg lumayan bgus dan lumayan murah di universitas apa? minta websitenya dong…

    Like

  25. thx mas dony, wah kasian mas dony, saban hr harus jawab rubrik ini, he3, gratis pula:) oh ya buat yg baru, coba baca smua comment, so biar ga mengulang pertanyaan yg sama, he3 setdk2nya bs membantu mengurangi kesibukan mas dony:)

    Like

  26. Mas Donny makasih banget udah bersedia untuk menjawab. Mas saya mungkin akan sekolah bahasa dulu 1 tahun. Saya ingin tahun bagaimana chance saya untuk dapat kerja di sana? Saya hanya lulusan diploma dan saya tahu dengan visa student saya hanya bisa kerja part time. Bagi saya untuk saat ini nggak masalah krn utk living cost +accomodation saya ada saudara yg menanggung semua. Utk kerja part time (resto, supermarket) apakah susah? Di Indonesia saya sudah pengalaman kerja +/- 6 tahun di bagian administrasi. Saya denger katanya di sana kalo kerja dilihat kewarganegaraannya ya? Krn kita termasuk immigran yg nggak terlalu skill apa kita bakalan susah walaupun hanya untuk part time? Maaf ya mas panjang banget. Many thanks utk jawabannya.

    Like

  27. Assalamualaikum.
    Hati ini benar2 terenyuh membaca kriteria kualifikasi orang2 yang diterima bekerja di UK. Untuk orang2 biasa seperti saya yang hanya medambakan kehidupan lebih baik dari Indonesia, ditambah sedikit modal pengalaman kerja di kantoran (8 tahun), ada nggak lowongannya ya Mas……

    Like

  28. Mos Don salam kenal ! saya seorang lulusan Fakultas Hukum, pengalaman saya jadi Lawyer selama kurang labih 6 tahun,adik dan kaka saya masing-masing bekerja di US dan UK, saya tertarik untuk kerja di UK, dalam arti kata pekerja tanpa skill yang memadai. bahasa Inggris saya agak kurang bagus, bisa ngga mas don bantu saya? Trims

    Like

  29. Mas Don berapa biaya yang harus dikeluarkan unutk mendapatkan VS,trus kalau sdh dapat VSnya,berapa uang yang harus dipersiapkan untuk awal tinggal di london, berapa biaya sekolah termurah di Inggris? trims

    Like

  30. Assalamualaikum,
    salam kenal Mas Donny, saya wiah, mau nanya nih, kalo untuk student spouse cari kerja gimana?banyak lowongan atau ga ya? kerja apa aja, spt di store ato restoran, yg penting kerja…
    saya seperti Mas Donny, kalo mimpi semuluk2nya, krn pengejar mimpi,skrg lg S2 di Melbourne dgn beasiswa, setelah dari sini saya pengen apply beasiswa ke UK, Manchester uni ato Leed uni krn bidang yg saya tekuni (teknologi tekstil) ada di 2 uni tsb, masalahnya suami masih belum mengijinkan krn belum tahu keadaan disana, apa nanti suami bisa cari kerja dengan mudah ato tdk, kl apply australi lg, suami setuju krn di sini org indo bejibun jd banyak jaringan dan cari kerja realatif mudah. Mas Donny,mohon masukan dan sarannya ya. Terimakasih sebelumnya

    Like

  31. Ryza,

    Biaya mengurus Visa di Kedutaan Inggris di Jakarta, kalau nggak salah Student itu 1.8 Juta atau 100 pound. Yang penting, ya itu tadi, mesti punya surat tanda diterima di Universitas di UK, baru bisa ngurus Visa Student.

    Kalau S2 hukum ada tuh di London College Wimbledon, seperti yang pernah saya utarakan sebelumnya.

    Wiah,

    Hebat ya sudah bisa sampai ke Melbourne ambil S2.

    Kalau tertarik S3 ke UK, nggak usah ragu-ragu, bi;ang sama mas nya, soalnya gampang kok suami kerja, malah bisa full time, sementara istri kuliah sambil kerja juga bisa.

    Kayaknya kalau S3 banyak tuh beasiswanya.

    Like

    1. kalo sebaliknya gmn mas donny, suami sekolah. kesempatan utk Istri bekerja bagaimana?

      Like

  32. mas aku lulusan tek mesin ui 07, mau bgt alis ngimpi penegen kayak mas donny……..beridaku info tentang tips sukses dikau yap……

    Like

  33. Salam kenal mas Donny,

    Mas Donny, kmrn aku baru dpt offering kerjaan jd process engineer di salah satu EPC di London, melalui head hunter dptnya. Setelah dikurangi akomodasi, basic utility dan biaya transportasi (ktnya akomodasi yg disediakan itu deket dgn kantor) sebelum pajak dapat sekitar 1900 pound per bln. kira2 gaji segitu reasonable ga yah untuk process engineer dgn experience 5 thn spt aku? makasih bnyk yah mas Donny

    Like

  34. Pak Donie, saya mau mencari pekerjaan di UK, bgmn caranya,
    mungkin bapak bisa memberi petunjuk dan saran.
    terima kasih.

    Salam.
    Rahmat.D

    Like

  35. Mas Dony,
    Assalamu’alaikum…
    Salam Kenal. Nama Saya Sofian Sauri.
    Setelah membaca riwayat dan perjuangan Mas Doni, saya juga jadi merasa salut dan acungkan jempol. Hebat!
    Seperti teman2 yang lainnya, saya juga tertarik sekali untuk kuliah, kerja dan tinggal di negara maju. Terutama di Inggris -yang merupakan impian saya sejak kuliah dulu. Namun, mungkin memang belum rejeki, jadi sampai saat ini impian itu belum terwujud.
    Berkaitan dengan artikel2 yang Mas Doni tulis diatas plus artikel tentang visa HSMP, saya memiliki beberapa pertanyaan:
    1. Apakah di Inggris memiliki kebijakan yang sama dengan Malaysia (contohnya) jika pendatang yang hanya memiliki visa belajar dilarang dan ilegal, bahkan sampai di cambuk.
    2. Apakah visa course sama dengan visa belajar.
    3. Bagi saya untuk mengajukan HSMP kayaknya tidak mungkin, tapi yang paling mungkin visa pelajar. itupun keuangan saya sepertinya masih tidak memungkinkan. Mungikn mas Dony bisa bantu saya/kami memberikan solusinya.
    4. Tempat tinggal Mas Dony di mana yah, dekat dengan UK School of English, 71A South End Croydon, Surrey London CRO 1BF UK?
    Sekian dulu, dan terima kasih banyak atas bantuannya.
    Wassalam…

    Like

  36. hello mas Donny,
    salam kenal sebelumnya, mas Q mau nanya nih, habis aku baca blog mas tuk cari visa kerja emang kayaknya ribet and susah, aku jadi pesimis nih. aku sekarang baru lulus s1 bahasa jerman and bekerja diperusahaan jerman yang ada di lombok. pada waktu kerja ketemu ama orang inggris and dia nawari saya tuk kerja di inggris, dia pinginnya semua urusan document seperti visa, ticket dll diuruskan di inggris, apa bisa begitu mas n saya berfikir kayaknya lebih baik di indonesia aja, gimana baiknya mas.
    makasih banyak n tolong jawabayna dikirim ke emailq mas, thanks sekali lagi.

    Like

  37. Ass…

    Mas Saya Mahasiswa universiatas swasta di bandung. Kebetulan mamah saya udah resmi jd warga disana, yang saya mau tanyakan, kira2 kalau saya pengen ikut mamah kesana bagaimana?dan bisa dapetin visa buat dari kedutaan di jakarta. Masalahnya kakak saya pernah di tolak ketika bikin visa melalui travel. di mohon advice nya..

    wass…

    @Mas hari,

    Memang untuk bisa menjadi dependant Visa, umurnya mesti dibawah 17 tahun, nah itu baru gampang dapat visanya. Kalau lebih dari umur segitu, perlakuannya sama dengan pemohon biasa, harus melalui persyaratan umum.

    Misalnya, jika ingin kuliah, maka si orang tua yang di UK harus bersedia menjadi sponsor penangung segala biaya selama kuliah. Repotnya, jika kita adlah orang diluar negara eropa, maka biaya kuliahnya mahal sekali 3 kali lipat dari orang UK dan Eropa.

    Visa biasanya nggak akan ditolak jika mempunyai supporting dokument yang kuat, jadi saran saya lengkapi dokument seperti surat sponsor dari orang tua yang di UK serta, ini yang penting, dukungan finansial yang kuat dari sponsornya.

    wass

    Like

  38. Waduh, mohon maf ya, lama nggak online menjenguk blog nya, biasalah..

    Sekarang saya coba satu persatu saya jawab, sebisanya ya..

    Langsung saja di masing-masing pertanyaan..ya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s